Islam

MENINGKATKAN KUALITAS AMALIYAH

SETELAH RAMADHAN

Oleh : Ustadz Drs. Mashur Dulmang Encho

Ramadhan bulan yang suci dan bertabur pahala, telah meninggalkan kita semua. Setahun yang akan datang baru kita berjumpa lagi, itupun kalau Allah SWT. masih memberi kesempatan, kesehatan dan umur. Kita semua hanya bisa berdo’a dan berharap semoga Yang Maha Kuasa, masih berkenan memberikan umur yang panjang, sehingga kita dapat bertemu dengan Ramadhan yang akan datang. Manusia yang beriman selalu mengharapkan berjumpa kembali dengan bulan Lailatul Qadar, agar ia dapat meraup pahala yang sebanyak-banyaknya. Namun adakalanya keinginan itu tidak kesampaian, keburu dipanggil oleh Yang Maha Agung. Niat baik itu tetap kita pasang, sebagai dasar, untuk memulai sesuatu yang baik. Sekecil apa pun amaliah yang dilakukan, pasti dibalas oleh Allah SWT. dengan kebaikan, begitupun sebaliknya. Firman Allah :

7. ” Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah-pun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.

8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.” ( QS. Al-Zalzalah (99) : 7-8 ).

Keinginan atau niat kita untuk bertemu Ramadhanm pada tahun depan, akan menambah motivasi dan semangat, agar mempersiapkan diri dengan segala upaya dan kemampuan, sehingga apabila diberi kesempatan oleh Allah SWT. bertemu dengan Ramadhan, maka ia dapat melealisir keinginannya tersebut. Namun adakalanya keinginan dan niat yang tulus itu tidak dapat dilaksanakannya, karena faktor kemalasan dan ketidak mampuan, sehingga datang dan perginya Ramadhan tidak bisa merubah dirinya menjadi manusia yang bertaqwa.

Oleh karena itu, tidak perlu menunggu setahun untuk meningkatkan kualitas amaliah kita, namun sekarang bisa kita memotivasi diri kita untuk melakukan amaliah seperti yang kita kerjakan di bulan Ramadhan yang lalu. Jangan sampai semangat amaliah atau beribadah kita hanya ada pada bulan Ramadhan, setelah itu hilang bersama dengan perginya Ramadhan meninggalkan kita. Hal ini telah disinggung oleh Rasulullah SAW. dalam sabdanya :

" Wahai Abdullah jangan seperti fulan, dulu dia biasa shalat malam, sekarang dia telah meninggalkannya " ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Last Updated on Saturday, 11 August 2012 02:06
Read more...
 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan barakah dan penuh dengan keutamaan. Allah subhanahu wa ta’ala telah mensyariatkan dalam bulan tersebut berbagai macam amalan ibadah yang banyak agar manusia semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Akan tetapi sebagian dari kaum muslimin berpaling dari keutamaan ini dan membuat cara-cara baru dalam beribadah. Mereka lupa firman Allah ta’ala, “Pada hari ini Aku telah menyempurnakan agama kalian.” (QS. Al-Maidah: 3). Mereka ingin melalaikan manusia dari ibadah yang disyariatkan. Mereka tidak merasa cukup dengan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat beliau ridhwanullahi ‘alaihim ajma’iin.

Oleh sebab itu pada tulisan ini kami mencoba mengangkat beberapa amalan bid’ah yang banyak dilakukan oleh kaum muslimin, yaitu amalan-amalan yang dilakukan akan tetapi tidak diajarkan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam maupun para sahabat beliau, semoga dengan mengetahuinya kaum muslimin bisa meninggalkan perbuatan tersebut.

Bid’ah Berzikir Dengan Keras Setelah Salam Shalat Tarawih

Last Updated on Saturday, 11 August 2012 01:34
Read more...
 

IBADAH PUASA SEPANJANG SEJARAH

Oleh: H.Muhalimin, Lc.MA

(Imam Tetap Masjid Mujahidin )

Puasa merupakan salah satu ibadah yang tepenting dan punya kedudukan yang sangat tinggi dalam ajaran Islam, karena puasa termasuk satu dari lima tonggak yang memperkuat eksistensi keberagamaan seseorang. Oleh karena itu melaksanakan ibadah puasa sebagaimana yang telah menjadi konsensus (ijma’) para ulama hukumnya adalah wajib. Mengingkari hukum tersebut secara sadar dan serius bisa berimplikasi kepada murtad (keluar dari agama islam), sedangkan meninggalkannya secara sengaja tanpa ada alasan syar’i yang bisa diterima maka ia takkan bisa diganti dan dibayar meskipun seseorang berpuasa selama setahun. Begitulah kata Rasulullah SAW.

Sebagai sarana komunikasi rahasia antara Allah SWT dan hambanya, maka ibadah puasa akan mampu membimbing manusia dalam membangun jiwa, memupuk sifat sabar dan jujur, mengasah kepekaan sosial, menyadarkan akan hak dan kewajiban, serta memberikan semangat kreatifitas yang tinggi di dalam membentuk sejarah kehidupan anak manusia. Itulah sebabnya ibadah puasa bukan hanya milik umat Islam hari ini saja, akan tetapi juga menjadi kewajiban umat-umat terdahulu. Bahkan dalam catatan sejarah puasa sudah menjadi rutinitas bagi berbagai etnis dan golongan dalam setiap generasi.

Apakah Puasa itu ?

Last Updated on Thursday, 09 August 2012 04:13
Read more...
 

 

Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadhan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Mukmin Sejati Itu Dermawan

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala, sebagaimana hadits:

‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

 

Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta-minta, bukanlah ciri seorang mukmin. Bahkan sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

‏اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

“Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)

 

Selain itu, sifat dermawan jika di dukung dengan tafaqquh fiddin, mengilmui agama dengan baik, sehingga terkumpul dua sifat yaitu alim dan juud (dermawan), akan dicapai kedudukan hamba Allah yang paling tinggi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Last Updated on Friday, 19 April 2013 15:10
Read more...
 

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :

 

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan bulan yang mulia, sebuah momen yang sangat agung dimana Allah -ta'ala- melipat gandakan pahala setiap hamba yang beramal, dan membukakan pintu-pintu kebaikan. bulan yang penuh berkah dan rahmat serta ampunan. Allah berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ


Artinya : "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (QS Al-Baqoroh : 185)

Bulan dimana pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan dibelenggunya setan-setan. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إذا جاء رمضان فُتِّحت أبواب الجنة وغُلِّقت أبواب النار وصُفِّدت الشياطين


Artinya : "Jika datang bulan ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu." (Muttafaq 'Alaihi)

Keutamaan Bulan Ramadhan

  • Bau Mulut Lebih Wangi Dari Pada Misik

  • Doa Ampunan Dari Para Malaikat

  • Indahnya Surga Bagi Orang Yang Berpuasa

  • Dibelenggunya Setan-Setan Pada Bulan Ramadhan

  • Ampunan Allah Bagi Ummat Ini


Dibukanya pintu-pintu surga dikarenakan

Last Updated on Monday, 06 August 2012 04:09
Read more...
 


Page 1 of 2

Polling

Apa yang anda cari pada website ini
 

INFO SEKITAR QURBAN

Anda ingin qurban sapi patungan ?

@ Rp. 1.400.000;

Hubungi :

Bapak.H.Samiun Pala

085.230.338.763

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday107
mod_vvisit_counterYesterday200
mod_vvisit_counterThis week842
mod_vvisit_counterLast week1395
mod_vvisit_counterThis month3347
mod_vvisit_counterLast month0
mod_vvisit_counterAll days666055

Back Link Gratis

TIPS SEO BLOGGER

Plugboard Mania

backlink matic

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo

Text Backlink Exchanges

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Automatic Backlink Exchange

backlink matic

backlinks referer

backlink

auto backlinks

Free Backlinks

backlinks referer

ECBanner

We have 2 guests online

Waktu sholat untuk Jalan Perak Barat, Surabaya, Indonesia. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.

Suara Mujahidin

DAPATKAN SEGERA !

BUNDEL SUARA NUJAHIDIN JILID 2

Edisi 1-12 Tahun ke 2

DENGAN KEMASAN HARD COVER LUX

Info Pemesanan :

08123021894

Dengan Bpk. Mashur Dilmang

 

Iklan

Koperasi Gukar Mujahidin

Dalam rangka expansi Koperasi Gukar Mujahidin

Mencari mitra kerja antara lain :

1. Supplier Toko berupa barang-barang kebutuhan se-hari-hari.

2. Investor untuk usaha minimarket sistim bagi hasil

Insya Allah invest anda menguntungkan dan berkah

Bagi yang berminat, hubungi segera :

Kantor Yayasan Masjid Mujahidin : 031 3291823